Batu Zeolite

Potensi tambang batu di Indonesia memang tidak diragukan lagi. Salah satu tambang batu yang sangat melimpah ialah batu zeolit. Batu zeolit merupakan jenis bahan galian non logam atau bahan galian mineral industri dari 50 jenis mineral yang tersedia. Hingga saat ini memang terdapat lebih dari 50 mineral pembentuk zeolit yang ada di Indonesia, namun hanya 9 mineral yang diketahui. Dari kesembilan mineral tersebut, ada 2 jenis mineral yang mendominasi batu Zeolit di Indonesia, yakni Mordernit dan Klinoptlotit.

Secara geologi, batu zeolit pertama kali ditemukan dalam batuan tuf yang diperoleh dari hasil sedimentasi debu vulkanik yang mengalami proses alterasi. Dalam pembentukan zeolit, ada 3 proses sebagai gambaran mula zeolit, yakni proses alterasi, proses diagenesis dan proses hidrotermal.

Di Indonesia, tambang batu zeolit banyak ditemukan di provinsi Jawa Barat dan Banten, yakni di Kabupaten Sukabumi, Lebak, Tasikmalaya dan Bogor. Di daerah Lebak Banten, batu zeolit banyak ditemukan di Desa pasirgombong. Dimana pada desa tersebut, endapan zeolit telah mengalami banyak perubahan dan metamorfosa lemah. Warna zeolit di daerah Lebak ini ialah putih kecoklatan, hijau gelap, abu-abu muda, putih kehijauan dan abu-abu gelap. Berdasarkan hasil analisa kuantitatif dari sinar-X (XRD), komposisi mineral pada zeolit ini ialah 32,70% jenis mineral mordenit, 30,89% klinotilotit dan sisanya berupa mineral plagioklas, kuarsa dan mika.

Di Tasikmalaya Jawa Barat, zeolit dapat ditemukan di Kecamatan Karangnunggal, Cikalong dan Cipatujah. Batu zeolit di daerah tersebut termasuk dalam Formasi Jampang yang berusia Oligosen – Miosen Awal dan Anggota Genteng Formasi Jampang yang berusia Oligosen – Miosen Awal.

Di Karangnunggal, endapan zeolit yang mampu berasosiasi dengan batuan tufa dapat dijumpai di dua desa, yakni di Dusun Karang Mekar dan sekitarnya, Dusun Cipatani dan sekitarnya, serta Dusun Dijambe dan sekitarnya. Di daerah tersebut, endapan zeolit memiliki warna putih kehijauan hingga kebuan, baik warna tersebut membentuk seperti alur atau berbutir-butir dan bisa juga tersebar secara merata.

Sementara di Kecamatan Cipatujah, endapan zeolit terdapat pada satuan tuf. Endapan tersebut tersebar di Desa Sindangkerta dan Lebaksaat. Hampir tidak ada bedanya dengan daerah lain, endapan zeolit di kecamatan ini berwarna putih kehijauan, hijau gelap, putih hingga putih keabuan hingga hampir kecoklatan jika telah mengalami proses pelapukan. Di Kecamatan ini, telah terdapat daerah penyelidikan, serta sebuah pabrik pengolahan zeolit yang mengolah zeolit menjadi bubuk dalam berbagai ukuran. Namun sayangnya, pabrik tersebut tidak lagi beroperasi.

Di Kecamatan Cikalong, ada sebuah desa bernama Cikancra yang memiliki endapan zeolit yang cukup banyak. Endapan dengan jumlah yang cukup besar tersebut berada di sekitaran pemukiman penduduk.

Di daerah Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat juga merupakan daerah tambang batu zeolit. Di tempat ini, zeolit berupa tufa hijau berbatuapung, tufa hijau masif dan tufa hijaupasiran. Sementara di Kabupaten Bogor, tambang batu zeolit dapat ditemukan di daerah Nanggung. Di derah tersebut, endapan zeolit terdapat di puncak-puncak bukit yang agak tinggi.