Batu Zeolite

Zeolit merupakan sejenis bahan tambang yang memiliki kandungan mineral. Selain itu, batu ini juga termasuk kelompok senyawa alumina silikat terhidrasi yang memiliki struktur berongga dan memiliki saluran molekuler. Batu zeolit memiliki melekuler struktur yang terbilang unik, dimana salah satu atom silikonnya dikelilingi 4 atom oksigen, sehingga mampu membentuk suatu jaringan dengan pola yang sangat teratur.

Jika dilihat secara kasar mata, batu zeolit hampir tidak ada bedanya dengan batu kapur. Bongkahan batu zeolit yang dipecah akan memiliki warna yang sangat beragam, tergantung dari kandungan alami dan karakter yang dimilikinya. Pada umumnya, zeolit memiliki warna abu-abu kehijauan, serta putih kekuningan dengan tekstur yang sangat halus.

Batu zeolit memiliki kandungan alami yang sangat bermanfaat dan mampu menghasilkan produk setelah melalui proses pengolahan. Berikut produk yang dihasilkan dari batu zeolit :

Dunia Pertanian

Batu zeolit dimanfaatkan sebagai media penambah pupuk yang berguna untuk meningkatkan hasil proses panen, serta melakukan penyerapan logam dalam tanah, serta mampu bertindak sebagai perantara antara fungsida dan herbisida.

Dunia Peternakan :

Dengan proses pengolahan yang tepat, batu zeolit mampu menjadi produk yang berguna untuk menggemukkan hewan. Dalam hal ini, zeolit yang digunakan ialah jenis klinoptilolit. Selain itu, zeolit juga mampu menjaga kesehatan kandang, menyerap kontaminan, serta menambah ketahanan terhadap serangan penyakit.

Dunia Kedokteran :

Di dunia kesehatan, zeolit rupanya mampu mengobati luka bakar, serta penghilang nafas yang bau. Sementara di dunia kedokteran gigi, batu tersebut dapat berfungsi sebagai mahkota gigi, semen gigi, tapal gigi dan resin gigi.

Di Lingkungan Sekitar :

Batu zeolit rupanya sangat bermanfaat untuk lingkungan, dimana ia berguna untuk pengolahan air, penyerap kotoran, penyerap berbagai polutan udara, penyerap limbah radioaktif, serta mampu meningkatkan kadar oksiden di suatu ruangan. Oleh karena itu batu zeolit juga digunakan untuk filter air aquarium

Bahan Bangunan :

Proses pengolahan batu zeonit rupanya mampu dijadikan sebagai bahan bangunan. Manfaat zeonit dalam dunia bahan bangunan ialah sebagai semen, agregat ringan dan penyerap air.

Dunia Industri :

Bukan menjadi rahasia lagi jika batu zeolit banyak dicari dan digunakan di dunia industri. Hal tersebut tidak terlepas dari manfaatnya yang sangat baik. Di industri kertas, batu zeolit biasanya digunakan sebagai bahan pengisi dan penyerap tinta, serta meningkatkan ketahanan terhadap adanya sinar, rasa asam dan panas. Di industri sabun, batu zeolit banyak digunakan sebagai bahan penyusun detergen, serta penurun kesadaran air.

Di industri ban pun demikian, batu tersebut sering kali digunakan untuk mencegah adanya polimerasi terhadap proses vulkanisasi, serta meningkatkan modulus elastisitas. Selain di dunia industri, batu zeonit pun banyak dimanfaatkan di industri lainnya, diantaranya ialah digunakan untuk pengering buah-buahan dan sayuran, pelunak kain, penambah daya kilap pada produk semir sepatu dan masih banyak lagi.