Batu Zeolite

Batu zeolit memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaan. Banyak bidang yang memanfaatkan batu zeolit untuk menunjang hasil produksinya. Salah satunya adalah bidang pertanian, berikut manfaat batu / pasir zeolit di  bidang pertanian yang bisa membantu anda untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Menjaga Keseimbangan pH di Tanah

Tanah merupakan media tanam yang memiliki banyak sekali kandungan dan senyawa. Untuk memastikan bahwa apa yang anda tanam bisa mendapatkan hasil yang terbaik, anda harus memastikan bahwa unsur-unsur yang ada dalam tanah pertanian anda memang cocok dengan tanaman yang sedang anda tanam.

Salah satunya adalah pH tanah yang sangat berpengaruh terhadap hasil produksi. Nilai pH menunjukkan jumlah ion hidrogen (H+) dalam tanah. Semakin tinggi kadarnya semakin renda nilai pH yang berarti tanah semakin masam.

Beberapa jenis tanaman membutuhkan tingkat keasaman yang berbeda, oleh karena itu zeolit dapat digunakan untuk menjaga keseimbangan pH di lahan pertanian.

Meningkatkan Kadar Oksigen Terlarut dalam Irigasi

Dengan meningkatkan kadar oksigen yang terlaru dalam irigasi lahan persahawan bisa membuat tanaman bisa berfotosintesis lebih maksimal untuk meningkatkan produksi

Mengikat Logam Berat yang Bersifat Racun

Zeolit dapat mengikat logam berat seperti Pb dan Cd yang beracun untuk tanaman. Sehingga tanaman bisa menghasilkan hasil produksi yang maksimal karena proses pertumbuhannya tidak terganggu dengan adanya racun dalam irigasi.

Mengikat Kation dan Unsur dalam Pupuk

Zeolit dapat mengikat unsur-unsur penting dalam pupuk yang dibutuhkan oleh tanaman. Beberapa contoh unsur dalam pupuk yang dapat diikat oleh Zeolit adalah NH4+, urea K+, KCl dan ion Posphat. Proses ini dapat membuat pupuk menjadi lebih efisien untuk perkembangan tanaman dan dapat menghemat pengeluaran untuk pupuk.

Ramah Lingkungan

Dengan berbagai macam fungsi yang sudah dijelaskan diatas, zeolit tidak memiliki efek buruk untuk lingkungan. Justru dengan zeolit, unsur pencemar lingkungan bisa ditekan karena fungsi zeolit adalah menetralkan unsur yang mencemari lingkungan.

Memperbaiki Struktur Tanah

Zeolit mengandung Ca dan Na yang bisa memperbaiki struktur tanah. Selain itu juga dapat meningkatkan KTK tahan (sifat kimia) yang bisa berdampak baik untuk tanaman,  yaitu bisa meningkatkan hasil produksi tanaman.

Itulah beberapa contoh manfaat batu zeolit di bidang pertanian, apabila anda membutuhkan batuan zeolit, tambangbatu.com bisa menyediakan batu zeolit dengan harga terbaik, karena kami merupakan penambang langsung / produsen batu zeolit. Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga terbaik batu zeolit.