Limestone atau yang kerap dikenal dengan nama batu kapur ialah salah satu jenis batuan sedimen yang tersusun dari mineral calcite (kalsium carbonate). Sumber utama dari keberadaan calcite sendiri ialah organisme laut. Organisme tersebut mengeluarkan sejenis shell yang keluar ke air dan kemudian bertindak sebagai pelagic ooze di lantai samudra. Dalam hal ini, calcite sekundur yang menyusun limestone mengalami pendeposi air meteorik tersupersaturasi. Akibatnya, terciptalah speleothem, contohnya stalagmit dan stalaktit.

Dalam pemanfaatannya, batu kapur rupanya sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang, Tambangbatu.com rangkum sebagai berikut manfaat dari Limestone atau batu kapur atau batu gamping :

Pupuk Alternatif Penetralisir Keasaman Tanah

Batu limestone mengandung senyawa Ca yang bermanfaat sebagai bahan pengakapuran, yakni untuk menetralisir keasaman tanah. Dalam hal ini, batu limestone mampu meningkatkan pH tanah, dimana dalam implementasinya ialah menambahkan Ca dan mengurangi Al.

Pembasmi Hama

Batu limestone mampu bertindak sebagai warangan kalsium (CaAsO3) dan warangan timbal (PbAsO3) atau sebagai serbuk belerang yang mampu membasmi hama dengan cara disemprotkan.

Bahan Pupuk dan Insektisida

Batu limestone yang telah dihaluskan berupa tepuangan dapat berguna sebagai bahan pupuk dan insektisida dalam dunia pertanian. Dimana batu tersebut mampu menetralkan tanah asam ketika ditaburkan. Pupuk dari batu limestone mampu menambah unsur kalsium yang berkurang dari tanah yang diakibatkan oleh panen atau erosi. Selain itu, batu kapur ini juga mampu berfungsi sebagai bahan pembuatan kompos, disinfektan pada kandang unggas dan lain sebagainya. Bahkan yang tak kalah uniknya, batu limestone juga sering dimanfaatkan untuk pakan ternak karena memiliki kandungan kalsium yang terbilang tinggi.

Bahan Bangunan

Batu limestone atau batu kapur sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan bangunan, dimana ia dapat digunakan untuk adukan pasangan bata, pembuatan semen tras atau semen merah dan juga pembuatan plester.

Bahan Penstabilan Jalan Raya

Penstabilan jalan raya sering kali menggunakan batu limestone, terutama dalam bidang pemantapan pondasi jalan raya dan rawa yang dilalui. Fungsi dari batu limestone ini ialah untuk meminimalisir penyusutan, plastisitas dan pemuaian pondasi jalan raya.

Penjernihan Air

Tahukah Anda bahwa batu limestone berguna untuk menjernihkan air ? Di dunia industri, batu jenis ini digunakan untuk proses penjernihan pelunakan air. Dimana sebelumnya harus dicampurkan dengan soda abu terlebih dahulu.

Bahan Baku Semen

Semen yang kuat tentunya memiliki komposisi yang baik. Batu limestone yang berkomposisi baik dan dalam kondisi yang baik pula sering kali dimanfaatkan untuk bahan baku semen.

Bahan Obat-obatan dan Kosmetik

Batu limestone memang identik berwarna putih, hal inilah yang membuatnya banyak digunakan pada pembuatan produk obat-obatan dan kosmetik. Dimana peran batu limestone sendiri ialah sebagai pigmen pemutih.