Limestone

Batu limestone yang kerap disebut sebagai batu gamping atau batu kapur ini adalah jenis batuan sedimen yang memiliki susunan utama terdiri dari Kalsium Karbont (CaCo3) yang berbentuk mineral kalsit. Biasanya batu gamping seniri sangat mudah ditemukan dan terbentuk pada perairan laut yang cukup dangkal. Hal ini lantaran batu gamping atau limestone kebanyakan terbuat dari akumulasi cangkang, alda, karang dan pecahan – pecahan sisa organisme. Selain itu batu gamping juga dapat terbentuk dari pengendapan kalsium karbonat yang terdapat pada air danau atau air laut.

Terdapat banyak sekali jenis – batuan gamping yang tersebar dimana saja. Beberapa jenis batu gamping yang cukup terkenal adala seperti chalk, coquina, lithographic limestone, oolitic limestone dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing – masing jenis dari batu gamping tersebut dibedakan berdaarkan proses pembentukannya.

Dalam kehidupan sehari – hari batu gamping memang menjadi salah satu jenis batu yang paling banyak digunakan jika dibandingkan dengan jenis batu – batu yang lainnya. Pada umumnya batu gamping atau limestone ini digunakan dengan cara dipecah untuk melengkapi material konstruksi seperti agregat dalam beton, lintasan kereta api, dan lintasan jalan. Selain itu batu gamping juga sangat ekonomis untukk digunakan sebagai bahan utama pembuatan semen portland.

Menjadi salah satu jenis batuan yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari tentu saja bukan tanpa alasa. Batu gamping sendiri memiliki sifat yang kuat , padat serta memiliki sejumlah ruang. Dengan sifat tersebut dapat dikatakan bahwa batu gamping dapat berdiri sangat kokoh meskipun mengalami proses abrasi. Hal ini tentu saja menguntungkan bagi siapa saja yang menggunakannya. Selain itu batu gamping sangat mudah untuk ditambang dan tidak mudah menyebabkan keausan dalam peralatan tambang yang digunakan untuk menambang batu gamping.

Tak hanya digunakan untuk melengkapi bahan konstruksi berbagai macam bangunan, nyatanya batu kapur atau yang biasa disebut dengan batu gamping ini juga sering digunakan dalam berbagai macam hal. Berikut ini adalah produk – produk yang menggunakan bahan batu kapur sebagai salah satu bahan bakarnya.

Kesenian Ukir/Patung

Batu kapur atau batu gamping ini memiliki tekstur yang sangat mudah untuk dibentuk. Sehingga wajar jika pada akhirnya batu kapur juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat seni ukir atau patung yang memiliki keindahan tersendiri.

Bahan Baku pembuatan Kapur

Sesuai dengan namanya yakni batu kapur , batu ynag sering disebut dengan batu gamping ini juga menjadi salah satu bahan baku pembuatan kapur, semen dan juga mortar.

Pencampur bahan yang memiliki pigment putih

Dalam sebuah industri batu gamping sering kali digunakan sebagai bahan campuran yang murah untuk pembuatan pasta gigi, cat , ubin, kertas, plastik dan bahan lainnya yang memiliki kandungan pigmen putih

Pakan Ternak

Batu kapur memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Sehingga hal tersebutlah yang membuat batu kapur dapat digunakan sebagai campuran dalam pakan ternak seperti unggas dan hewan ternak yang lainnya.

Produk penghilang karat dan kotoran pada besi

Kandungan yang ada dalam batu kapur dapat berguna untuk menghilangkan karat dan kotoran pada besi

Bahan Kosmetik

Batu kapur juga sering ditemukan pada obat – obatan dan kosmetik. Kegunaan batu kapur pada bahan kosmetik sendiri adalah sebgai salah satu pigmen pemutih.