Batu Bentonit

Batu bentonite adalah jenis batuan yang memiliki komposisis utama tanah lempung, sehingga tak heran jika banyak orang yang mengira bahwa batu bentonite adalah tanah lembung. Di Indonesia sendiri endapan dari batu Bentonit cukup besar, yakni tersebar pada beberapa wilayah seperti Pulau Jawa dan juga Pulau Sumatra. Apabila dilihat dari sifat kimia yang dibawakan, batu bentonite sendiri dibedakan menjadi dua jenis yakni sodium (Na) dan Calsium (Ca) bentonit.

Tanpa anda sadari dalam kehidupan sehari – hari batu bentonit sering digunakan. Hal ini lantaran karena kandungan yang dimilikinya bentonit dapat dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pembuatan beberapa macam hal. Seperti contohnya pada jenis batu bentonit Sodium atau Natrium Bentonit yang kerap digunakan sebagai lumpur pembilas pada kegiatan pemboran, penyumbat kebocoran bandungan atau kolam hingga pembuatan pellet biji besi. Beberapa sifat dari Natrium Bentonit yang cocok digunakan untuk keperluan yang telah disebutkan adalah karena Na bentonit memiliki daya mengambang yang cukup baik jika dicelupkan kedalam air serta tetap terdispersi dalam beberapa waktu ketika berada di air.

Selain Na Bentonit jenis kedua dari batuan bentonit yakni Calsium Bentonis atau Ca bentonit seringkali digunakan dalam kehidupan ehari – hari tanpa kita sadari sama sekali. Tentu tak banyak yang mengetahui bahwa batu bentonit jenis Ca bentonit ini digunakan sebagai salah satu bahan yang dapat mendukung proses pemurnian minyak gorang. Hal ini lantaran Ca bentonit memiliki sifat menghisap yang cukup baik. Sehingga wajar saja jika Ca bentonit seringkali digunakan untuk proses pemurnian minyak. Nah untuk mengetahui lebih banyak aneka ragam produk yang terbuat dari Bentonit, maka simaklah uraian berikut ini yang telah kami ringkas dari berbagai macam sumber.

Pakan Ternak

Tak jarang bentonit digunakan sebagai salah satu campuran untuk pakan ternak. Pada pakan ayam fungsi campuran dari batu bentonit adalah dapat membuat daging ayang menjadi lebih baik, menghilangkan bau, dan membuat pakan menjadi lebih ekonomis. Sementara itu untuk pakan sapi tambahan bentonit dapat membuat sapi memproduksi susu lebih banyak tiap minggunya. Hal ini tentu saja akan membuat para peternak dapat meraup keuntungan lebih banyak.

Pengecoran Logam

Bentonit sangat efektif untuk membuat sebuah alat cetak. Hal ini dikarenakan bentonit memiliki daya ikat yang sangat baik dan juga daya tahan terhadap temperatur tinggi. Seperti yang kita ketahui dalam dunia perdagangan bentonit sering disebut sebagai wyoming.

Pembuatan Pellet

Dalam pembuatan pellet sifat bentonit yang sangat dimanfaatkan adalah daya ikat, plastisitas dan juga daya serap yang sangat ampuh untuk menghilangkan kelembapan.

Bahan Baku Pembuatan Keramik

Menurut beberapa penilitian batuan bentonit mengandung beberapa jenis mineral lempung sepertu nontronit, kuarsa serta oksida SiO2 yang cukup tinggi. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan keramik. Namun perlu diketahui bahwa penelitian tersebut butuh penelitian lanjutan untuk memperoleh formulasi material keramik yang sangat baik.